Jumat, 09 April 2010

inisiasi4 mkdu4111

POlITIK DAN STRATEGI NASIONAL
• Politik Nasional.
Definisi dari ilmu politik bermacam-macam dan dari modul ini dibatasi dua konsep politik, yaitu politik sebagai kepentingan umum dan politik dalam arti kebijaksanaan.
a. Politik sebagai kepentingan umum
Politik yang dalam bahasa Inggris disebut politics merupakan suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan dan jalan, cara serta alat yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau suatu kedaan yang kita gunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau suatu keadaan yang kita kehendaki, disertai dengan jalan, cara, dan alat yang akan kita gunakan untuk mencapai keadaan yang kita inginkan itu.
b. Politik dalam arti kebijaksanaan (policy) adalah penggunaan pertimabangan-pertimabangan tertentu yang dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu uasaha, cita-cita, keinginan atau keadaan yang kita kehendaki.
Dari hal-hal diatas dapatlah dikatakan bahwa pengertian politik nasional ialah : asas, haluan, kebijaksanaan, dan usaha Negara tentang pembinaan (perencanaan, pengembangan, pemeliharaan dan pengendalian),serta penggunaan secara totalitas dari potensi nasional baik yang potensial.
Factor-faktor yang mempengaruhi Politik nasional.
a.Ideologi dan politik.
b.Ekonomi.
c.Sosial Budaya.
d.Pertahanan dan keamanan.
• Pengertian strategi.
Pengertian Strategi yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Dari kumpulan definisi tentang strategi tersebut, tampak bahwa prinsip-prinsip strategi mengalami banyak variasi dari masa ke masa yang tentunya juga mengalami pembaruan dengan datangnya abad kesejagatan ini.
• Pengertian Strannas
Politik Nasional pada hakikatnya adalah asas, haluan, usaha, dan kebijaksanaan umum dalam pembangunan nasional, Jadi Strannas adalah “tata cara” melaksanakan politik/ kebijaksanaan nasional tersebut.
Landasan Politik dan Strategi nasional
Politik Nasional Merupakan asas, haluan usaha dan kebijaksanaan Negara dalam dalam pembinaan dan penggunaan totalitas potensi nasional untuk menacapai tujuan nasional.Jadi , Landasan Polstrannas adalah, sebagai berikut.
1. Pancasila.
2. UUD1945.
3. Wasantara.
4. Tannas.
Implementasi Politik dan Strategi Nasional pada bidang-bidang Pembangunan Nasional.
a. Penetapan Poltranas.
Poltranas ditetapkan oleh MPR.MPR sebagai pencerminan rakyat Indonesia, pemegang kedaulatan rakyat dan pemegang kekuasaan Negara yang tertinggi.
b. Perkembangan Materi GBHN sebagai polstrannas
Untuk Mencapai tujuan dan cita-cita nasional, harus dilakukan bagnas.


dr modul MKDU4111 oleh :Rosalita Agustini, S.IP
Terakhir diperbaharui: Sabtu, 3 April 2010, 23:42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar